Sabtu, 30 Juni 2012

PROPOSAL SKIPSI

PROPOSAL SKRIPSI
JUDUL          :  PENGATUR CUACA PADA STADION BERBASIS ATMEGA 8535
NAMA           :  AHMAD AQIL AZIZI
NPM               :  21109259
JURUSAN     :  SISTEM KOMPUTER
JENJANG     :  S-1
KELAS          :  3KB01


 1.    Abstraksi
Alat ini berfungsi untuk melindungi penonton sekaligus pemain agar stamina tidak banyak terkuras saat cuaca buruk. Pengatur Cuaca pada Stadion berbasis Berbasis ATMEGA8535 ini menggunakan 2  buah sensor. Diantaranya sensor air, LDR. Dan output yang digunakan adalah LED, LCD dan motor DC.
Alat ini akan mendeteksi air dengan menggunakan sensor Air dan akan mengeluarkan output berupa tulisan pada LCD, gerak Motor untuk menutup atap stadion, dan nyala LED saat keadaan gelap.
  
        2.  Latar Belakang
Perkembangan Teknologi elektronika saat ini sudah sedemikian pesatnya berkembang yang kadang-kadang berawal dari teknologi yang sederhana seperti teknologi komputer. Dewasa ini, rangkaian dengan system otomatisasi semakin banyak dibutuhkan untuk mengendalikan berbagai peralatan yang digunakan manusia dalam kehidupan sehari – hari. Dari teknik otomatisasi  inilah akan banyak membantu dalam pekerja manusia.
Oleh karena itu, setiap manusia terutama mahasiswa dituntut agar mampu beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut. Sebenarnya instansi pendidikan di Indonesia dan negara lainnya telah menerapkan perkembangan IPTEK tersebut, salah satunya seperti adanya pembelajaran mengenai rangkaian elektronika pada jurusan teknikal diberbagai instansi pendidikan.
Pembuatan Pengatur Cuaca pada Stadion ini dengan tujuan mendapat pembelajaran mandiri mengenai rangkaian elektronika dan memenuhi tugas penulisan ilmiah. Pengatur Cuaca pada Stadion ini menggunakan 2 buah sensor, yaitu Sensor Air sebagai pengatur atap stadion dan Sensor Cahaya (LDR) yang digunakan sebagai pengatur lampu.
Berdasarkan latar belakang tersebut maka penulis mengangkat judul “Rangkaian Pengatur Cuaca pada Stadion”. Penulis mengharapkan dengan adanya alat ini bisa mempermudah pekerjaan manusia terutama dalam bidang teknologi.

       3.  Ruang Lingkup dan Batasan  Masalah
Ruang lingkup untuk pembuatan alat Pengatur Cuaca pada Stadion Berbasis ATMEGA8535  ini adalah penulis   menggunakan 2 buah sensor diantaranya sensor air berfungsi untuk menutup atap stadion saat hujan dan LDR yang berfungsi untuk pengatur intensitas cahaya yang bila keadaan gelap maka LED yang ada pada stadion akan menyala. Lalu sinyal dari sensor tersebut dikirim ke mikrokontroler dan diproses, lalu disalulurkan ke 3 buah output berupa LED, Motor DC, dan LCD.
Batasan masalah untuk pembuatan alat Pengatur Cuaca pada Stadion Berbasis ATMEGA8535 ini adalah penulis hanya membatasi pembahasan tentang cara kerja dari rangkaian beserta komponen – komponen yang digunakan pada rangkaian Pengatur Cuaca pada Stadion Berbasis ATMEGA8535.
   
      4.     Tujuan Penelitian
Tujuan dari pembuatan alat ini adalah :
1.        Untuk melindungi baik penonton maupun para pemain terhadap cuaca buruk seperti 
hujan.
2.     Meminimalisasi terjadinya keletihan pemain akibat cuaca buruk yang dapat menggaggu jalannya pertandingan.
3.        Untuk melatih dalam pembuatan alat yang berbasis mikrokontroler.

      5.   Tinjauan Pustaka     
Tinjauan pustaka pada penelitian mengambil referensi dari buku-buku, mencari referensi lain yang dianggap bisa dijadikan acuan penelitian ini seperti situs – situs di internet.

6.         Metode Penelitian
Penelitian ini menggunakan 3 metode, diantaranya:
a.      Konsultasi
Dilakukan dengan melakukan pertanyaan kepada dosen pembimbing tentang komponen, makalah, dan program.
b.      Studi Pustaka
        Dilakukan dengan mengambil referensi dari buku –buku dan pencarian di internet yang  berkaitan erat dengan penulisan makalah ini.
c.       Pengumpulan Data
            Dilakukan dengan mengumpulkan data-data pada saat pengujian alat.

7.    Hasil yang Diharapkan
Penulis mengharapkan Pengatur Cuaca pada Stadion Berbasis ATMEGA8535 ini dapat diterapkan pada Stadion sebenarnya agar para pemain dapat bermain secara maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar