Manajemen Resiko
• Secara tradisional pengertian manajemen adalah meliputi kegiatan perencanaan, pengorganisasian, penempatan orang, pengendalian dan pengarahan.
• Manajemen Proyek adalah kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan dan mengendalikan sumberdaya organisasi untuk mencapai tujuan tertentu dalam waktu tertentu dengan sumberdaya tertentu.
• Manajemen Proyek mempergunakan personil untuk ditempatkan pada tugas tertentu dalam proyek
Pada dasarnya manajemen proyek meliputi semua tahap, aktivitas dan tugas yang diperlukan melalui siklus implementasi.
Tugas-tugas yang diimplementasikan meliputi :
* Planning - Penjadwalan dan prioritas bekerja dengan menggambarkan perencanaan termasuk estimasi dan alokasi dan sumber penghasilan.
* Risk Management – Analisa dan monitoring resiko untuk mengurangi imbasnya dari keadaan yang tak terduga sebaliknya .
* Issue Management – Manajemen yang tepatguna dan pengawasan dari setiap masalah proyek.
* Status Reporting – Koordinasi komunikasi diantara anda, tim proyek, dan para supplier sebagai pihak ketiga.
* Project Administration - Administrasi proyek yang menggunakan tools proyek manajemen.
* Project Change Management - Evaluasi, penjadwalan dan pengaturan untuk setiap perubahan order yang muncul.
- Karakteristik manajemen proyek:
1.Kegiatan manajemen proyek dibatasi oleh waktu;yang sifatnya sementara, diketahui kapan mulai dan berakhirnya
2.Dibatasi oleh biaya/budget
3.Dibatasi oleh kualitas
4.Biasanya tidak berulang-ulang
- Contoh manajemen proyek:
1.Pembuatan rumah
2.Pembuatan jalan raya
3.Pembuatan jembatan
4.Pembuatan iklan perusahaan
5.Pembentukan tim evaluasi lokasi baru perusahaan
6।Pembuatan prototipe produk
Ciri-ciri Manajemen Proyek
Mekanisme proyek dalam hubungannya dengan pengelolaan, organisasi dan sumber daya mempunyai ciri-ciri tertentu sebagai berikut :
• Memimpin organisasi proyek dan beroperasi secara independen.
• Pembawa tunggal untuk mencapai satu tujuan proyek.
• Memerlukan bermacam-macam keahlian dan sumber daya.
• Bertanggung jawab menyatukan orang-orang dari berbagai fungsi/disiplin yang bekerja.
• Memfokuskan pada ketepatan waktu dan biaya.
Macam-macam Proyek
• Proyek Kapital
Proyek ini biasanya berupa pengeluaran biaya untuk pembebasan tanah, pembelian peralatan, pemasangan fasilitas dan konstruksi gedung
• Proyek Penelitian dan Pengembangan
Proyek ini bisa penemuan produk baru, temuan alat baru dll. proyek ini dapat muncul dilembaga komersial maupun pemerintah.
• Proyek yang berhubungan dengan manajemen service
Proyek ini sering uncul dalam perusahaan maupun instansi pemerintah. Proyek ini bisa berupa perancangan struktur organisasi, pembuatan sistem informasi manajemen, peningkatan produktifitas perusahaan.
Aspek-aspek yang mempengaruhi Manajemen Resiko
Aspek-aspek yang mempengaruhi manajemen proyek antara lain, sumber daya manusia yang kurang berkualitas, karena jika sumber daya manusia yang mengatur dan mengorganisir suatu proyek tidak dapat berkerja dengan baik satu sama lain, maka sapat dipastikan proyek tersebut tidak dapat tercapai dengan baik. aspek-aspek lain yang mempengaruhi antara lain, keadaan lingkungan dimana proyek tersebut dikerjakan, karena jika lingkungan tidak mendukung untuk suatu organisasi mengerjakan proyek, maka kinerja akan terganggu dan proyek tersebut akan mengalami kerugian.
Sumber. :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar